petani to be

Tadi aku pi umah pak ndak mat zin nak tanya pasal bendang. After 30 minutes discussion here goes the details:

1.Tebas batas: upah RM10-12 per relong (Yusri/Ayub)

2.Bakar jerami: RM10 per relong

3.Putaq Tanah (mengala): RM55 lapisan pertama (max 3-5 kali putaq) maximum upah RM160 untuk semua 3 kali putaq (Mat Said pida 3)

4. Tabur benih : upah RM18 per relong (benih RM35 sekampit) benih ada 2 jenis benih 88 atau benih dari MADA atau kalau tanak tabur benih, upah orang patani untuk tanam padi..tapi kena daftar benih dulu, dan kena buat benih semai, costing sket tapi berbaloi dari segi penjagaan, rumput kurang dan padi angin kurang. upah “menanam” RM400 per relong (chon atau makcik rohani) means RM400 x 4.5 = RM1800 upah menanam. ayaq kena takung dalam bendang.

5.Meracun: kalau guna racun pracambah kena racun masa kering untuk elak rumput naik. lain2 racun kena pantau apa yang perlu. Upah :RM18 per relong

6.Membaja : aka vitamin (Baja UREA RM6 sekampit atau Baja campuran RM5 sekampit)

7. Meracun Serangga: 3 kali (20 hari sekali-depends) Upah RM18

8. Menuai.

Isu berbangkit:

1.masalah culture kalau sorang tu di upah putaq tanah kat tanah A, sampai mati pun sorang tu akan putaq walaupun keja macam hampeh.so aku kata, saya nekad dan selebihnya saya tawakal untuk upah orang lain musim nih atas alasan2 yang munasabah.

2.takut orang lain tak sanggup putaq tanah sbb takut kena kacau dengan si tukang putaq yang sebelumnya.

3.Mesin jentanam tak ble pakai kalau satu kawasan tak sampai 30 relong untuk ditanam guna jentanam. *sigh* so guna alternatif lain.

4. Pendapatan jadi pesawah tak tentu, ikut rezeki Allah nak bagi.

5. Risiko: Penyakit, Padi rebah, Padi angin Kelebihan Menanam : padi senang jaga, costing tapi dapat jual balik mahal.

Kesimpulan: ikut suka hati tuan tanah la nak upah sapa. bukan ade contract pun sampai mati dia kena putaq tanah yang sama. adush..tak paham den.

Action: Skang dah ble ayub tebas batas (untuk elak tikus buat sarang) dan bakaq jerami sambil tunggu feedback orang pattani untuk menanam(refer kat pak ndak)

phase 1: harvest 2010 (14 august 2010)

aken from the written receipt by cikyin

Unknown debt (???)= RM200

Repair tanah= RM350

putaq mula 1 relong = RM60 x 4.5 relong: RM270

Balas putaq 1 relong = RM50 x 4.5 relong: RM225

Badai 1 relong = RM40 x 4.5: RM180

Meracun = RM70

Baja 2 kampit =RM40

__________________________________________________

Tanah 4.3 penjuru x 150

= 350      repair kering

712      megala

70      Meracun

40     hadiah baja 2 kampit

________

1172

–   200   hutang

________

972  balance to be paid

________

aih… total 1172, macam rega sewa tanah plak..takpe…tahun nih biaq aku buat…kita tgk apa hasilnya..

jun..gambatte!!!:)

Kaya dengan menikah

salam, saya amik dr link yang tunang saya bagi dan share kat sini, moga ada ilmu yang dpt dikongsi.

Lebih dari 1400 tahun yang lalu telah turun ayat :

(وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَى مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ)

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang patut (kawin) dari hamba-hamba sahayamu yang perempuan.Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya.Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui”. ( An-nur : 32 )

Ayat ini menegaskan bahwa pernikahan dapat menjadi penyebab kekayaan berdasarkan firman Allah :

“Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya.Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui”

Tetapi sebagian orang jahiliyah dahulu, karena mereka takut miskin, mereka membunuh dan atau mengubur anak-anak gadis mereka. Oleh karena itu turunlah firman Allah ta’ala :

(وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ إِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْئًا كَبِيرًا)

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar”. ( Al-Israa : 31 )

Maka dalam ayat ini terdapat jaminan dari Allah tentang rizki anak dan orangtua.

Sangat wajar bahwa kita semenjak dahulu tidak tahu bahwa ayat ini menyimpan satu mukjizat ilmu, karena seorang yang beriman dia beriman dan yakin kepada kebenaran ayat ini dan tidak ragu bahwa Allah Allah mampu memberi rizki untuknya. Tapi orang yang lemah imannya akan bertanya – tanya : “Darimana Allah memberi saya rizki ?”, Kapan dan bagaimana ?”
Dan adapun para ateis, mereka tidaklah percaya dan tidak yakin dengan ayat ini, yang ia percayai adalah bahwa pernikahan atau anak-anak merupakan masalah ekonomi. Oleh karena itu kita dapati bahwa orang-orang barat sangat bersandar dengan doktrin ini dan membatasi keturunan dengan satu atau maksimal dua anak saja.Tapi, tak seorang pun membayangkan dan berfikiran bahwa dengan hanya sekedar menikah, bahwa itu sudah menjadi sarana untuk menambah pendapatan dan penghasilan.

Majalah Time Amerika baru-baru ini melakukan penelitian di Ohio State University, yang menunjukkan bahwa orang – orang yang telah menikah dan punya anak, pendapatan mereka naik sebesar 16 persen per tahun, berbeda dengan orang – orang yang belum menikah dimana pendapatan mereka hanya naik 8 persen pertahun.
Dalam penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa manfaat dari perkawinan tidak terbatas hanya pada manfaat yang diketahui sebelumnya dan yang berhubungan dengan rasa ketentraman, tetapi juga untuk pengurangan jumlah kemiskinan di masyarakat.

Dua orang peneliti, yaitu Maria Kanchin, peneliti dari University of Wisconsin, dan Deborah Reed, direktur penelitian di Pusat Penelitian Politik Matematika, telah melakukan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam buku “Perubahan Kemiskinan Perubahan Politik”, yang membahas tentang rendahnya angka perkawinan dan tingginya tingkat perceraian serta dampaknya terhadap tingkat kemiskinan.
Penelitian menunjukkan bahwa jumlah orang yang berada di bawah garis kemiskinan di Amerika Serikat akan naik 2,6 persen karena tingginya kasus perceraian, disamping juga kedua peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa wanita yang sudah menikah memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan untuk menambah pendapatan daripada yang belum menikah.
Studi juga menunjukkan bahwa kehadiran suami atau istri di rumah, bisa menambah semangat keduanya, yang menyebabkan produktivitas yang lebih besar bagi mereka dan dengan demikian meningkatkan pendapatan dari pekerjaan mereka.

Penelitian ini menyarankan penyediaan tempat untuk penitipan anak-anak di lingkungan kerja, yang mana hal ini akan mendorong perempuan yang belum menikah untuk melakukan metode dan langkah ini, tanpa khawatir terhadap anak-anak mereka, atau menganggap bahwa anak – anak mereka sebagai hambatan bagi perkembangan karir mereka.

Saudara Tercinta
Ini menunjukkan bahwa pernikahan adalah sarana untuk meningkatkan pendapatan, dan ini fakta ilmiah dan bukan hanya omong kosong!
Dari sini kita bisa menyadari bahwa ayat yang mulia ini mengandung sebuah mukjizat ilmu.
Siapakah gerangan yang mengabarkan kepada Nabi bahwa nikah bisa menjadi penyebab seseorang menjadi kaya ? Dialah Allah yang telah berfirman :

إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ وَاللَّهُ

“Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya.”. ( An-nur : 32 )

Oleh karena itu, Nabi mengingkari orang yang ingin terus membujang dan tidak menikah seraya beliau bersabda :

(النكاح من سنتي فمن لم يعمل بسنَّتي فليس مني) [السلسلة الصحيحة للألباني]

“Nikah termasuk Sunnahku, barangsiapa yang tidak melaksanakan Sunnahku maka bukanlah termasuk golonganku” ( Silsilah Shahihah oleh Albani )

Dan sungguh suatu Sunnah Nabi akan terus berjalan seperti ini; setelah para pembangkang menyangkalnya, maka kita dapati para orang – orang berilmu dari mereka malah mendukungnya. Menandakan apakah ini ? Sungguh ini menandakan bahwa Nabi Muhammad berada dalam kebenaran.
Masihkah para pembangkang membuat – buat keragukan pada Sunnah Nabi ini yang suci ini ?

( Diterjemahkan dari tulisan Abdud Da’im al-Kahil di situs http://www.kaheel7.com )

http://www.alsofwah.or.id

Categories Uncategorized

60% recover

Salam tadi petang aku balik umah, tuk ajak pi tgk padi kat belakang..dah lama tak merayap keliling umah, so tadi ada la amik gambar.lama x usung camera gak, tapi tadi guna camera HP ja….:) it doesnt matter when the picture itself worth a thousand words..:D

ye..nih bukan daun sireh..nih pucuk kadok boleh dimkn buat ulam dan dibuat kerabu 🙂

pokok kelapa nih dari dulu2 dah senget camni..boleh tunggang kalau larat panjat:p

nih bila ayaq sungai tengah kering..cuba tengok pokok yang tumbuh sampai dlm sungai tu..

nih pokok kangkung kerbau yang slalu sangkut bawah titi…

nih dr belakang umah tok..lama dah tak tgk awan kat umah tok..asyik duk tgk batu bata saja.

sunset yang tak berapa nak sunset..nampak biru…sangat cantik bumi yang Tuhan cipta

adakah kita nih dijadikan dengan tak ada apa2 makna dan sampai ajal kita pergi dengan tidak ada nilai apa2? fikirkan..

Categories Uncategorized